Prof. Mahmud Doakan Prodi Manajemen Terakreditasi Unggul

(UINSGD.AC.ID)- Keseriusan pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam memelihara komitmen terpadu dalam langkah nyata. Tekad yang kuat tidak mementahkan niat dan minat dalam manjalankan ikhtiar. Gayung selalu bersambut, dan sambutan nyaring yang terwujud nyata.

Rektor UIN SGD Bandung Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si menyampaikan harapan itu pada acara pembukaan Asesmen Lapangan (AL) Akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) untuk Prodi Manajemen FEBI UIN Bandung, Rabu (12/07/2023).

Ikut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag; Ketua LPM Prof. Dr. H. Ija Suntana, M.Ag; Dekan FEBI Dr. H. Dudang Gojali, M.Ag; Wakil Dekan I Prof. Dr. Deni Kamaludin Yusup, M.Ag; Wakil Dekan II Dr. H. Abdulah Safe’i, M.Ag; Wakil Dekan III Dr. Muhammad Zaky, M.Si. Juga para ketua/sekretaris Prodi; Ketua Laboratorium, beberapa dan tenaga kependidikan.

Proses asesemen lapangan ini dilakukan secara daring, via zoom meeting, selama dua hari tanggal 12-13 Juli 2023, dengan tim asesor BAN PT: Dr. Djumahir, MM dari Universitas Brawijaya dan Dr. Hasyim MM, M.Ed dari Universitas Esa Unggul.

Menurut Prof Mahmud, akreditasi BAN PT menuntut kita agar terus meningkatkan dan mempertahankan mutu akademik. Bahkan lembaga pedidikan tinggi yang eksis di era serba canggih sekarang ini, mempersyaratkan standar lebih, di luar jangkauan kinerja dan hasil kerja yang ada selama ini.

“Kami doakan, semoga Prodi Manajemen FEBI mendapatkan hasil yang istimewa, terakreditasi unggul. Dan, semoga segala ikhtiar dan daya upaya kita memberi banyak manfaat dan bernilai ibadah,” ujar Prof. Mahmud.

Asesor BAN PT Dr. Djumahir menjelaskan bahwa asesmen lapangan (AL) merupakan evaluasi dan verifikasi data dan informasi yang termuat dalam dokumen Akreditasi, sebagai bagian dari tahapan Akreditasi yang dilakukan di Prodi Manajemen FEBI ini. “Kami akan klarifikasi apa yang sudah dilaporkan dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) Prodi Manajemen. Apakah sudah dilakukan atau belum?” katanya.

Karenanya, untuk kelancaran AL ini, Dr Djumahir meminta Prodi Manajemen untuk menyiapkan data-data yang dibutuhkan, termasuk jaringan internetnya yang lancar. ”Kami mengapresiasi tim Prodi Manajemen yang berupaya maksimal dalam menyiapkan informasi yang kami butuhkan,” ujarnya.

FEBI UIN SGD Terus Dinamis
Pada kesempatan yang sama, Dekan FEBI UIN Bandung Dr. H. Dudang Gojali, M.Ag menjelaskan bahwa peningkatan mutu akademik dilakukan setiap saat dan berkesinambungan. Termasuk perlunya optimalisasi tata kelola program studi yang sesuai standar mutu pendidikan tinggi, baik akademik maupun non-akademik.

”Banyak upaya dalam mempertahankan mutu akademik ini, dari mulai input, proses, sampai output-outcome. Saya berharap Prodi Manajemen mendapatkan nilai akreditasi unggul,” harapnya.

Menurut Dr Dudang, Prodi Manajemen UIN Bandung memiliki potensi untuk berkompetisi dengan prodi-prodi serupa di perguruan tinggi lain. Karenanya, prodi ini tidak sekadar dilandasi semangat untuk tetap eksis, tetapi didukung dengan manajemen, sumber daya manusia, konsep, dan strategi yang mengintegrasikan antara teori dan tantangan yang terjadi di masyarakat.

Pimpinan FEBI senantiasa berusaha menata manajemen dengan menekankan kualitas hasil berbasis kinerja sumber daya manusia. Itu dilakukan untuk memenuhi tuntutan akuntabilitas dan evaluasi kinerja, baik secara internal berupa evaluasi diri maupun eksternal melalui akreditasi nasional dan sertifikasi internasional.(nanangs)

WhatsApp
Facebook
Telegram
Print
Twitter